Posted in Being myself, Sehari-hari

Pelajaran membaca Al-Quran saya hampir tamat

4 bulan sudah saya belajar takhsin dan tajwid Al-Quran, cerita ini sudah pernah saya sampaikan di sini. Tidak terasa kegiatan setiap hari Sabtu pagi saya akan segera berakhir. Agak sedih mengingatnya, nah selesai pengajian aja ibu ini jadi baper. πŸ˜€ Tapi beneran deh, saya akan merindukan pergi mengaji dan ketemu teman-teman pengajian di sana, juga gurunya hehe.

Teman-teman pengajian saya semuanya berusia dewasa. Ssst sepertinya saya paling tua, tapi saya paling rajin lho. Saya selalu datang tepat waktu dan selalu mengikuti pengajian dengan serius. Hmmm..

Sedari kecil mungkin sekitar usia 5 tahun bapak saya sudah mengajarkan cara membaca Al-Quran. Saya belajar setiap hari setelah shalat Maghrib. Kebiasaan itu saya turunkan kepada anak saya, saya mengajari anak saya membaca Al-Quran sejak usia 5 tahun. Setelah bacaan saya cukup baik, bapak saya memasukkan saya ke pengajian umum di pesantren. Saya ingat itu adalah permintaan saya. Saya iri dengan teman-teman saya di sekolah SD waktu itu, mereka suka cerita ikut pengajian dan sepertinya seru. Sehingga saya merayu-rayu bapak saya untuk memasukkan saya belajar mengaji di pesantren. Di sana saya belajar tajwid tapi saya tidak ingat lengkap atau tidak. Ya.. namanya juga anak kecil, kadang malas belajar dan tidak mau mendengarkan gurunya.

Belajar di pesantren pada malam hari dan setelah subuh saya lanjutkan sampai saya SMA. Banyak yang saya pelajari di sana, tauhid, fiqih, tafsir dll. Sayangnya saya dulu gak serius ngajinya, jadi banyak yang hilang di memori saya. Kalau siang sekolah sampai sore, malam ngaji lagi rasanya sudah habis tenaga dan pikirannya. Ah itu mah alasan aja kayaknya. πŸ˜›

Baru sekarang-sekarang ini saya merasa kok saya pengen lagi belajar untuk memperbaiki bacaan Al-Quran saya. Saya pun mengikuti pelajaran 4 bulan pelajaran takhsin Al Quran. Pelajaran tersebut meliputi:

  1. Makharijul huruf
  2. Panjang pendek
  3. Hukum nun mati dan tanwin
  4. Hukum mim mati
  5. Bacaan di luar kaidah
  6. Hukum Idhgam
  7. Mad (saya baru tahu ternyata ada 16) πŸ˜€
  8. Waqaf

Setelah mengikuti pelajaran-pelajaran tersebut saya sadar ternyata selama ini banyak bacaan Al-Quran saya yang salah. Alhamdulillah setelah belajar banyak hal tentang Al-Quran membaca Al-Quran terasa lebih ringan. Setelah bacaan saya dirasa sempurna, mudah-mudahan ke depan saya bisa meningkat ke level menghafal. Bisa gak ya?

Berhubung saya punya penyakit lupa yang akut seperti sudah saya jelaskan di sini sepertinya proses menghafal Quran akan menjadi hal yang cukup berat bagi saya. Mungkin diperlukan waktu 2 kali seumur hidup saya untuk menghafal 30 juz Al-Quran. πŸ˜€ Yaaa, berapa banyak ayat yang saya hafal tidak masalah, saya kira prosesnya sendiri sudah merupakan sesuatu yang spesial dan bermakna.

Advertisements

14 thoughts on “Pelajaran membaca Al-Quran saya hampir tamat

      1. Ea kebetulan omku pengasuh dan pemilik pesantren di madura dan yayasan anak yatim piatu pas lebaran kesana aku kok betah bngt seneng main sama anak2 yatim akhirnya aku minta sama ortu untuk biarkan aku tinggal disitu sejak aku umur 10th kls 5 SD sampe aku SMA kelas 2, jd banyak kegiatan selain sekolah umum jg sekolah agama di pesantrennya πŸ˜… seruuu bngt !

        Liked by 1 person

      2. Alhamdulillah aku paling nggak sampai skrg rajin baca alquran tp dah gak narget sebisanya aja palin 2-3 bln baru hatam, klo dulu jamannya di pesantren target harus dlm 1 hari minikal 1 – 2 jus jadi 1 bulan bisa hatam beberapa kali πŸ˜…

        Liked by 1 person

      3. Ea bnr πŸ˜… di pesantren enaknya itu ngaji sebanyak2nya krb banyak waktu trus bawa untung pula krn sering di undang pengajian di rumah tetangga yg pas lahiran dll gtu kan dapet amplop isi uang πŸ˜… mayan buat jajan di sekolah trus dapet makanan nasi n lauknya dan jajan asyik πŸ˜… duh jd ngiler pengen nasi n jajanan khas pengajian πŸ˜†

        Like

Say something and leave your trace here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s