Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Pegal-pegal sehabis olah raga

image.jpeg

Pagi ini saya susah bangun nih gara-gara badan semua terasa pegal dan sulit digerakkan. Penyebabnya adalah jalan-jalan kemarin yang langsung jalan kaki selama 2 jam penuh…

Pada saat jalan sendiri saya tidak merasakan apa pun, nafas lancar, dan kaki tidak terasa sakit pada saat naik dan turun. Setelah malam tiba, ujubune.. Badan terasa sakit semua.

Penyebab pegal dan sakit setelah olah raga

Penyebab hal tersebut karena sudah lama tidak berolah raga! Memang sih 2 bulan ini saya benar-benar off berolah raga. Karena kesibukan dan alasan tidak penting lainnya olah raga terasa berat banget. Saya biasanya ke gym atau sekedar olah raga di rumah, tapi bosen ke gym dan tidak sempat juga olag raga di rumah ujungnya malah tidak olah raga hehe.

Pegal-pegal setelah olah raga juga biasanya dialami jika kita meningkatkan intensitas olah raga atau menambah beban kalau olah raga di gym. Mungkin yang biasanya lama di gym 1 jam sekarang ditambah jadi 1,5 jam atau menambah berat barbel yang diangkat di gym pasti diakhiri dengan pegal-pegal.

Rasa pegal juga akan terasa jika kita kurang pemanasan sebelum berolah raga. Pemananasan ini penting supaya tubuh bisa menyesuaikan diri sebelum olah raga. Sekalian juga diingatkan pendinginan setelah olah raga. πŸ™‚  Nah kalau ini juga untuk mencegah cidera selama berolah raga. Bedakan antara cidera (injury) dan pegal-pegal (soreness).

Penanganan pegal-pegal

Kabar baiknya pegal-pegal setelah berolah raga itu baik lho. Itu artinya ada otot yang sedang berubah, otot akan terasa lebih kuat dan kencang. Selama pegal-pegal tersebut otot akan memulihkan diri sendiri untuk membentuk sel otot baru. Makanya biasanya badan terasa pegal kalau kita menambah beban di gym.

Rasa pegal-pegal setelah berolah raga akan hilang sendiri dalam 3 hari biasanya. Istirahat yang cukup, makan yang bergizi akan mempercepat pertumbuhan otot baru. Kalau perlu dikompres di bagian tubuh yang pegal boleh juga.

Nah masalahnya sekarang bulan puasa nih, alasan lagi tidak berolah raga. Ada yang punya tips olah raga di bulan puasa? πŸ™‚

Advertisements

16 thoughts on “Pegal-pegal sehabis olah raga

  1. Hai Mbak Yanti. Aku kemarin juga baru olahraga setelah liat timbangan badan yang bikin tutup mata. Hahaha. Joging kombinasi jalan. Enakan, keringetan, dan seger. Etapi trus sekarang kakinya jadi pegel2. Tapi nggak kapok kok. Tadi mau olahraga lagi tapi sama suami nggak boleh. Ada yang bilang olahraganya diganti malem. Lah tapi kan tarawih ya. Abis tarawih kan ngantuk – trus ga jadi olahraga, hahaha. Aku ganti sama olahraga yang ringan2 sih mbak sementara ini

    Liked by 1 person

Say something and leave your trace here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s