Posted in Kerajinan

Crochet bag project in progress

Since Indonesia doesn’t have winter making sweater is only to satisfy my curiosity about knitting. :-D. Now I understand why crochet is more popular in Indonesia than knitting.

As I explained in my previous post before that I come to crochet to make lace, yeaa make lace everyone.. and I am interested in Irish lace. My first book of Irish lace is a Japanese crochet book: Irish Crochet lace. How can I understand crochet in Japanese? I let you know I don’t speak and read Japanese, but crochet pattern has universal language haha.

My fist project of Irish lace is making a beautiful bag with this pattern:

Irish lace has beautiful pattern in every way. We can make 3-dimensional look for flowers, leafs and other things, but definitely required high dedication.

The result of this pattern should be like this:

images.jpg

But I did mistake to make only 6 petals of flower. So I made triangle pattern. Lets see what kind of bag I can make. 😀 😀 😀

DSC_1036_1.jpg
Triangle pattern of my bag project 😀

I admit that Irish lace is a high skill crochet, really need practice over and over to make it more and more beautiful. But I still have time to do that. Happy crafting!!

Posted in Kerajinan

Crochet project #2

DSC_1033

I am back with another crochet project yeey. 🙂 I bought lace yarn last week and I tried to make a thing with that yarn. It was very fine yarn and was quite difficult to use it.

Then I followed a lace circle pattern, I thought it’s a big circle. 😀 Apparently it’s tiny circle specially because of using very fine lace yarn and small number hook crochet (1.2) and it was finished in only one day. Actually I have a big ambition to make a big size table cloth or pillow cover using fine yarn weight. Wish me luck…

Posted in Kerajinan

Crochet project #1

DSC_1023.jpg
My first crochet project, table cloth 🙂

Hi there, how are you guys? I am still alive :-D. Long time I didn’t update my blog, ya sometimes life is busy with much things, I want to tell you this time that I am learning crochet. Isn’t great?

When I learn knitting I really want to make lace and it is quite difficult to make lace by knitting method. So, I decided to learn crochet and my first project was making lace by crochet, and I did it. What do you think?

It was only combination of sc, dc, sl st, picot and ch. All are just basic methods of crochet and I made table cloth by all methods.

I enjoy crochet as I enjoy knitting and those are highly addictive. Happy crafting..

Posted in Kerajinan

Pengalaman pertama membuat kaos kaki

DSC_0751.jpg

Dua hari ini saya sibuk berkutat belajar membuat kaos kaki. Heh ternyata cukup rumit ya.. Berarti level keterampilan merajut saya sudah naik nih. 😀 Padahal kalau beli kaos kaki di pasar 10 rebu sudah dapat sepasang. Ternyata kalau buat sendiri dua hari baru kelar haha. Dan hasilnya pun tidak sesuai yang diharapkan. Tetapi minimal saya bisa mendapatkan pelajaran dari kesalahan yang saya buat pada pengalaman pertama membuat kaos kaki.

Continue reading “Pengalaman pertama membuat kaos kaki”

Posted in Kerajinan

Knitting project #3: pinky sweater

C360_2016-06-25-10-45-18-868_1.jpg

Posting kerajinan kali ini saya tulis dalam bahasa Indonesia, yaa kalau biasanya dalam bahasa Inggris. 🙂 Sepertinya banyak yang tertarik dengan urusan merajut nih saya banyak membuat link video untuk bahan yang saya pelajari. Tapi kalau anda mau vidoe yang lain bisa cari di youtube untuk tema yang sama.

Sebagai peringatan pertama tentang merajut adalah “merajut bisa bikin ketagihan”. Suwer deh bisa lupa ngerjain yang lain-lain. Niatnya hanya ingin menyelesaikan 1 inchi tapi tidak bisa lepas sampai selesai 4 inchi. Efeknya lupa masak dan beres-beres haha. Nah kalau begini jangan sampai merajut menjadi ajang ribut dengan pasangan karena rumah berantakan dan gak ada makanan yang bisa dimakan. 😀 Jadi sebelum mulai merajut yang belum nyapu, ngepel, masak silahkan diselesaikan dulu ya..

Continue reading “Knitting project #3: pinky sweater”

Posted in Kerajinan

Hobby itu diturunkan?

13494933_10206766992076045_9184985024587916158_n
Pinky sweater in progress 🙂

Saya sedang getol-getolnya merajut (knitting) untuk membuat sweater, lumayan pengisi waktu menunggu beduk maghrib hehe. Waktu ibu saya berkunjung ke rumah saya dua minggu lalu ibu saya bercerita bahwa waktu dulu (sewaktu beliau masih muda) katanya suka merenda (crochet). Iya gitu? Kok ibu saya gak pernah cerita bisa merenda? Saya agak kurang percaya. Beneran saya tidak pernah tahu sebelumnya kalau ibu saya bisa merenda. Kalau tahu dari dulu saya minta diajarin merenda deh..

Tapi kalau diingat-ingat waktu saya kecil dulu di rumah banyak hasil dari merenda ibu saya. Taplak meja, topi,  baju, tas dll. Kata ibu saya hasil merendanya malah sempat di jual. Beneran? Kata ibu saya kalau merenda suka lupa waktu, dari pagi buta sampai malam lupa urusan masak dll. Sama dong kita hehe Tapi terus berhenti sebelum saya ingat, saya tidak tanya kenapa berhenti merenda nanti saya tanya kenapa.

Saya tidak pernah tahu sebelumnya kalau ibu saya bisa merenda lalu tiba-tiba saya sibuk merajut. Walaupun bukan merenda tapi merajut, agak miriplah urusannya sibuk dengan benang kiri kanan. 🙂 Ibu saya juga pintar memasak dan menjahit. Kalau memasak sempat diajarkan kepada saya karena konon anak perempuan harus pintar memasak. Walaupun saya tidak sepintar ibu saya, tapi lumayanlah sebagai bekal bertahan hidup daripada harus beli terus di luar haha.

Kalau menjahit memang ibu saya pernah ikut kursus menjahit secara formal, jadi beliau memang fasih menjahit. Keterampilan menjahit juga tidak sempat diturunkan karena urusan saya dulu hanya belajar di sekolah dan begitu masuk universitas sudah tidak lagi tinggal sama orang tua.

Yang ajaib kembali ke urusan merenda. Memang sih saya tertarik merajut karena membaca buku tentang merajut lalu saya ikuti dan sedikit demi sedikit belajar sendiri. Zaman sekarang ada internet ditambah video dari youtube memungkinkan belajar apa saja asala mau saja. Saya sama sekali tidak mendapatkan inspirasi merajut dari ibu saya. Tapi mungkin mudik ini kesempatan saya belajar merenda dari ibu saya kali ya.. tapi sayang kalau mudik suka sibuk urusan silaturrahmi tidak punya waktu untuk belajar dari ibu saya.

Selain merenda ibu saya juga punya hobi menyulam. Nah saya juga punya minat yang sama tapi agak males karena menyulam harus pakai benang halus dan jarum kecil. Semuanya bikin saya sakit kepala karena bolak balik masukan benang ke jarum dengan mata positif saya haha.

Jadi kesimpulannya apakah hobby saya berasal dari ibu saya? Mungkin..

 

Posted in Kerajinan

Ribbing hat

DSC_0733
Enter a caption

I still have cotton yarn to make something. 🙂 This time I made a hat with ribbing pattern. It’s another easy knitting project.

The pattern is only k4, p4 in first row and P4 then k4 in second row. The most important thing is exact measurement of hat. I used 4 mm needle, gauge: 20 sts and 28 rows for 4″. I made 21″ head circumference and depth of hat is 8″.