Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Latihan Yoga dengan aman: safety first please

2016-09-25-10-55-06
Sekali-kali pamer pose minimalis bersama ibu-ibu peserta yoga lainnya untuk lucu-lucuan Β boleh lah πŸ˜€ πŸ˜€

Lama sekali saya tidak update blog, jadi tidak enak. πŸ™‚ Tidak ada yang istimewa dengan hilangnya saya dari peredaran menulis blog, hanya kesibukan yang membuat saya harus mengesampingkan meng-update blog sejenak. Tidak apa-apa kan? πŸ™‚

Anyway, cerita terakhir di blog saya adalah pengalaman pertama saya mengikuti kelas yoga. Sampai hari ini saya masih mengikuti kelas yoga seminggu 4 kali. Jadi total jendral saya sudah mengikuti kelas yoga selama 1,5 bulan, benar ya? Kok saya sendiri malah bingung hihi.

Saya bersyukur menemukan guru yoga yang baik setidaknya menurut ukuran saya, mengajar dengan sabar, tidak memaksakan harus bisa satu pose di satu waktu dan mengerti teknik yoga yang baik dan aman. Saya sempat mengikuti kelas lain dengan guru yang berbeda rasanya sangat berbeda. Dia memaksa saya melakukan suatu pose yang saya sendiri tidak merasa siap. Saya tidak mau ikut kelas yoga dia lagi. Maaf ya..

Mungkin di antara anda ada yang tertarik juga ikut yoga gara-gara melihat pose-pose di instagram yang kece badai? Seperti saya dulu melihat temen blogger saya yang bisa melakukan pose keren hehe. Setelah saya mengikuti kelas yoga selama ini ada beberap hal yang saya pelajari:

  1. Yoga adalah kesabaran. Jangan memaksakan tubuh untuk bisa melakukan sebuah pose di latihan pertama. Lakukan sesuai kemampuan Β dan dicoba lagi di latihan yang akan datang. Jangan terburu-buru ingin berlatih headstand atau handstand misalnya jika tangan dan perut belum kuat menopang tubuh. Tidak perduli berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar sebuah pose, bersabarlah pada tubuh anda. Pada saatnya tubuh sudah siap headstand atau handstand akan terjadi dengan sendirinya.
  2. Yoga adalah kerendahan hati. Tidak kompetisi dalam yoga. Setiap tubuh berbeda dengan kekuatan dan fleksibilitas yang berbeda. Jadi jangan bandingkan kita dengan orang lain. Sekali-kali show off pose yang sudah dipelajari bolehlah. Tapi kalau semata-mata tujuan belajar yoga hanya untuk show off di instgram misalnya, maka anda sedang membahayakan tubuh anda sendiri karena anda cenderung memaksakan tubuh anda demi sebuah foto untuk diupload di sosial media.
  3. Carilah guru yang kompeten. Ini sangat dan sangat penting. Jangan belajar yoga hanya dari menonton youtube atau membaca buku. Pada saat melakukan pose yoga perlu didampingin guru yang kompeten supaya aman, buku dan youtube tidak bisa menggantikan guru, video atau buku Β hanya untuk menambah pengetahuan.
  4. Yoga adalah konsentrasi. Pada saat yoga sebaiknya tidak foto-foto atau menjawab WA atau BBM. πŸ™‚

Tujuan saya untuk melakukan yoga semata-mata untuk olah raga dan kesehatan, saya tidak perduli jika saya butuh waktu 10- 15 tahun untuk mempelajari sebuah pose yoga. Alhamdulillah setelah 1,5 bulan ikut latihan yoga badan terasa bugar dan lebih berisi (ehem) , lebih fleksibel (semakin tua tubuh akan semakin kaku dan saya sudah tua hehe), memilki balance lebih baik (bagi saya balance yang paling susah), lebih kuat dan lebih percaya diri. Belum bisa headstand pun tidak apa-apa kalau ternyata saya sudah mendapat semua manfaat tersebut. Namaste..

Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Yoga class: my first time

image.png
Mbak Ima izin pake fotonya ya, biar orang-orang tahu pose keren headstand mbak Ima πŸ˜„πŸ˜„ (Istribulebagus)
Setelah banyak berkeliling membaca blog teman-teman sesama blogger mupeng juga lihat pose head stand-nya mbak Ima yang kece badai. Saya mau ikut yoga juga.. Tapi alasan utamanya tentu saja demi kesehatan ibu-ibu. Sudah banyak tentunya yang membahas tentang manfaat yoga untuk kesehatan: media relaksasi, meningkatkan imunitas, fleksibilitas, melancarkan peredaran darah dll. Yoga ini juga cocok untuk semua kalangan sebenarnya, teruatama cocok untuk ibu-ibu setengah tua seperti saya yang tidak lagi berminat mengikuti kelas zumba. Saya juga bosen olah raga di rumah sendirian, cari suasana baru dan belajar sesuatu yang baru.

Menurut saran mbak Ima nih bahwa saya harus punya guru yoga. Walaupun kelihatannya hanya stretching-stretching gitu tapi ada teknik yang benar untuk melakukan pose-pose yoga. Hal ini untuk menghindari cidera dan tentu saja dengan cara yang benar baru bisa mendapatkan manfaatnya. Berhubung guru yoga mbak Ima adalah sumainya sendiri, nah kalau saya harus keliling Lampung dulu untuk mencari guru yoga.

Setelah saya searching guru yoga seantero Lampung akhirnya ketemu juga, di club Verde Bandar Lampung. Konon katanya fitness centre ini paling besar dan paling lengkap. Mulai dari gym, jogging track, futsal, kolam renang, spa, studio tari dan tinju dan yoga. Sayapun datang ke sana…

Tempatnya keren, tapi agak nyempil gitu. Saya agak bingung aja gimana orang-orang nyampe ke sana kalau harus naek angkot. 😁😁 Tapi ternyata rame banget orang-orang yang datang ke sana. Saya pun bertemu mbak-mbak penjaga Verde. Saya bilang “Saya mau ikut kelas yoga”. Eh mbak itu malah nawarin paket segala hal dan harganya ujubune, mahal. “Maaf mbak saya hanya butuh yoga beberapa kali seminggu”. Lah mbak itu gak lihat apa umur saya. Gak mungkin kan saya datang ke situ, pagi yoga, siang ke gym, sore tinju dan malam berenang. Emang saya apaan… Akhirnya saya diberi juga paket khusus kelas yoga. Jadilah saya member yoga Verde. 😍😍

Pertemuan pertama

Saya datang 30 menit lebih awal dari jadwal untuk melihat situasi dan kondisi. Sebagai pemberitahuan pertemuan pertama adalah kelas yoga basic. Tahu dong ini adalah pertemuan pertama kelas yoga saya, gak mungkin saya langsung melakukan backbend kayak mbak Ima. πŸ˜‚πŸ˜‚

Kemudian datanglah peserta satu persatu. Seperti dugaan saya semua peserta ibu-ibu. Sepertinya memang kalau kaum bapak-bapk tidak terlalu berminat dengan yoga. Kelihatan kurang macho aja gitu kali ya. Tidak kelihatan olah raga. Bagus juga sih saya jadi lebih nyaman narik-narik anggota badan tanpa kehadiran kaum bapak-bapak. Gurunya pun mbak-mabk cantik masih muda.

Gerakan awal, belajar napas. Hah napas aja harus belajar, ini napas versi yoga bu, tarik napas kembungkan perut, keluarkan napas kempiskan perut… Kata guru yoga begitu. Selanjutnya dimulai dengan gerakan yoga basic. Nah ini bagian fun-nya, gurunya menyebutkan nama-nama gerakannya tapi tidak ada satu pun yang saya ingat haha. Kapan-kapan deh saya bahas satu persatu kalau sudah fasih.

Semua gerakan mungkin karena basic terasa nyaman dan mudah, yang jelas tidak ada backbend alhamdulillah. Tidak terasa satu jam berlalu yang diakhiri dengan bagian yang paling mudah dan saya suka, relaksasi. Cuma merem dan terlentang, mudah kan? Selesai..

Setelah selesai latihan saya pun berbincang-bincang dengan gurunya sambil kenalan. Komentar gurunya, “sudah pernah yoga sebelumnya?”

Saya jawab “Belum pernah, tapi saya pernah belajar dance”. Maaf gak tanya, mungkin guru saya pikir begitu.

“Badannya flexible banget lho, kayaknya gennya memang punya badan flexible ya”.

“Hmmm, really?” “Minggu depan sudah boleh belajar backbend dong…”. 😬😬😬😬 😎😎😎

Posted in My cat, Sehari-hari

Komunikasi dua arah antara saya dan yu-chan

large

Bagi anda pecinta kucing bahasa kucing adalah bahasa yang tidak perlu kamus. Walaupun ada juga sih kamus sederhana bahasa kucing untuk cat lover pemula seperti gambar di atas. Karena sedari kecil saya memang selalu memiliki kucing, jadi saya sudah faham dengan bahasa mereka.

Konon katanya kucing mengembangkan bahasa sendiri dengan manusia yang bentuk komunikasinya berbeda dengan komunikasi antara sesama kucing. Tentu saja setiap kucing memiliki karakter masing-masing bagaimana dia menunjukkan bahasanya supaya bisa dimengerti tuannya. Bagaimana kita merespons bahasa tersebut selanjutnya kucing akan menentukan bahasa yang tetap khusus untuk tuannya.

Berkomunikasi dengan kucing mirip komunikasi dengan bayi. Para ibu biasanya sudah mengerti bahasa bayinya masing-masing, bagaimana bayi berusaha memberi tahu ibunya kalau dia lapar, basah atau ngantuk misalnya. Jika bahasa tersebut kurang mendapat respons dari ibunya, bayi akan mengembangkan bahasa lainnya yang bisa lebih dimengerti ibunya.

img_0100.jpg
Kucing jantan saya namanya moli πŸ˜€

Saya memiliki dua ekor kucing, jantan dan betina. Berghubung kucing jantan saya sering kelayapan melebarkan daerah kekuasaannya, jadi praktis kucing yang paling sering berinteraksi dengan saya adalah kucing saya yang betina: yu-chan.

DSC_0176_1.jpg
yu-chan ketika ngantuk dan dipaksa berpose untuk difoto

KeseharianΒ  yu-chan dengan saya

Entah kenapa yu-chan tahu waktu bangun tidur saya. Pada saat adzan subuh dia akan membangunkan saya dengan cara: menggaruk-garuk pintu kamar dan berseru “eowwww”. Jika anda tidak merespons panggilan tersebut kucing akan mengembangkan bahasa barunya. Jadi setiap yu-chan melakukan hal itu saya bangun dan membuka pintu untuk dia.

Setelah saya bangun, dia akan terus teriak eowww dan berlari ke tempat makan dan minumnya. Itu artinya apa? Itu artinya dia minta makan dan minum, mudah dimengerti kan? Setelah selesai makan dan minum jika dia pengen pup dan melihat pasirnya belum saya bersihkan dia akan teriak eowww lagi sambil berkeliling di sekitar kotak pasirnya. Setelah dibersihkan dalam waktu beberapa detik dia sudah bertengger di kotak pasirnya. πŸ˜€ πŸ˜€

Setelah kenyang dan lega setelah pup, kalau saya sibuk di dapur dia akan menunggu saya di dapur: diam tidak bergerak atau tidur. Setelah selesai pekerjaan di dapur, saya selalu menyempatkan bermain sama yu-chan. Hal ini penting untuk selalu menjalin kedekatan dengan kucing saya. Yu-chan hanya dan hanya mau nurut dengan saya.

Sewaktu bermain kucing sukan dielus di bagian leher dan belakang telinganya. Kalau sudah beanar-benar dipercaya dia akan memberikan perutnya untuk dielus. Dia akan guling-guling, mengeluarkan suara purrr, menggigit-gigit manha tangan saya atau mengibas-ngibaskan ekornya. Pokoknya saya bisa tahan berlama-lama main saya yu-chan deh dan lupa yang lainnya.

Yu-chan akan menunjukkan rasa tidak suka atau takut (jarang sekali marah) ketika bertemu orang yant tidak dikenal. Dia hanya akan masuk ke kolong-kolong dan diam di sana menunggu keadaan aman terkendali. Oh ya yu-chan mengerti namaya, dia akan datang kalau namanya dipanggil. πŸ™‚

Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Jika terjadi insiden di jalan tol

CWi_3uPUwAAWhsY.jpg

Hallo semua.. Selamat Idul Fitri ya maaf lahir batin. πŸ™‚ Lama tidak ngeblog nih. Saya memang berusaha tidak menyentuh internet pada saat berkumpul dengan keluarga. Family time.. πŸ™‚

Masih pada mudikkah? Saya sudah pulang ke rumah ni karena hari Senin sudah harus masuk kerja lagi, karyawan teladan dong. πŸ˜€ Adakah yang belum pulang mudik? Masih di perjalanan? Hati-hati di jalan ya. Macet di mana-mana membuat perjalan mudik menjadi melelahkan. Nah terutama jika terjadi insiden-insiden yang membuat perjalanan mudik menjadi sesuatu yang menakutkan.

Apa yang akan anda lakukan jika terjadi insiden di jalan tol? Misalnya terjadi kecelakaan atau mobil mogok atau pecah ban? Sudahkan anda mempersiapkan hal tersebut? Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja lho.. Apa yang akan anda lakukan? Panik? Menangis? Berpikir?

Kalau terjadi insiden di jalan biasa banyak orang yang mungkin masih bisa menolong anda. Bagaimana dengan di jalan tol? Jauh dari mana-mana, walaupun banyak mobil lewat mana boleh mereka berhenti untuk menolong anda. Berikut tips kalau terjadi insiden di jalan tol:

  1. Jangan panik, ini penting supaya anda bisa berpikir.
  2. Jika terjadi mobil mogok atau pecah ban, segera pinggirkan mobil ke bahu jalan, nyalakan lampu hazard dan segitiga pengaman. Usahakan sepinggir mungkin, karena banyak orang-orang yang walaupun menyetir di bahu jalan terlarang tetap saja mereka menyelip dari kiri dari bahu jalan!! Orang Indonesia memang begitu, tidak sayang dengan nyawanya.
  3. Pastikan telpon anda menyala. πŸ™‚ Hubungi no telpon info jalan tol: 14080 Bebas pulsa ya? Kayak begitu hehe. Tapi lebih baik jika mempersiapkan mengisi pulsa handphone anda sebelum perjalanan jauh.
  4. Setelah menelpon dan meminta bantuan, tunggu di mobil dan kunci mobil dari dalam. Pintu mobil dibuka jika dan hanya jika orang dari Jasamarga yang mau menolong anda meminta anda keluar. Cukup berbahaya terutama jika insiden terjadinya pada malam hari atau supir perempuan.
  5. Pokoknya tunggu bantuan datang ya.. Mereka pasti datang kok. πŸ™‚
  6. Setelah pertolongan datang, kalau anda punya uang boleh memberikan tips kepada penolong anda sebagai tanda terima kasih.

Saya sih berdoa semoga perjalanan anda lancar selamat sampai tujuan, memang itu harapan semua orang. πŸ™‚ Selamat pulang mudik.

Posted in Being a mom, Sehari-hari

Mendidik Anak Tunggal

image.jpeg
Hasil searching Google

Menjadi orang tua itu tidak mudah karena tidak ada sekolah formal yang khusus untuk mendidik anak. Biasanya orang tua hanya bisa melakukan trial and error. Kalau sesuatu dirasa salah jangan dilakukan lagi di kemudian hari, kalau benar teruskan. Pengalamanlah yang menajdi gurunya, entah itu pengalaman diri sendiri atau orang lain.

Mendidik anak tunggal tidaklah semudah yang orang bayangkan. Banyak tantangan yang dihadapi untuk membuat anak kita kelak menjadi mandiri, kuat dan berkarakter baik. Anak yang masa depannya berhasil bukanlah anak yang manja dengan segala fasilitas yang serba tersedia dan semua perhatian tertuju padanya. Anak seharusnya ditempa oleh kesulitan, kegagalan dan ujian, sehingga dia menjadi kuat kelak jika menghadapi ujian kehidupan di masa depan.

Jika memiliki anak lebih dari satu, secara alami anak bisa diajarkan untuk berempati, bekerja sama, berbagi, berdamai dengan konflik dengan sehari-hari bergaul sesama saudaranya. Anak tunggal identik dengan egois, manja, tidak perduli dengan orang dan banyak sifat buruk lainnya. Tentu saja saya tidak mau memiliki karakter demikian. Berikut tips mendidik anak tunggal yang secara jujur agak sulit untuk diterapkan. πŸ™‚

  1. Jangan terlalu protektif. Karena memiliki anak hanya satu anak cenderung dilindingi berlebihan. Tidak boleh main keluar, tidak boleh lecet, apalagi benjol. Bisa dimengerti karena hanya memiliki hanya satu anak menjadi paranoid takut sekali kehilangan dia. Tapi dengan melindungi anak berlebihan anak menjadi kurang percaya diri karena segala masalah diselesaikan orang tuanya.
  2. Berikan anak tanggung jawab. Anak tunggal biasanya dimanja tidak perlu mengerjakam rumah seperti bersih-bersih atau memasak. Akibatnya anak kurang dilatih bertanggung jawab terhadap sesuatu. Berikan kesempatan anak bertanggung jawab dengan semua hal untuk dirinya dan membantu orang lain.
  3. Berikan kesempatan bersosilasis sebanyak mungkin. Anak tunggal tidak memiliki saudara untuk sekedar bermain atau bertengkar, sehingga perlu peran pengganti saudara untuk melatih keterampilan sosialisasinya. Dengan bermain dengan orang lain bisa melatih keterampilan sosialisasi dan empati, dengan bertengkar dan berdamai kembali akan melatih anak terlibat dengan konflik dan tahu bagaimana menyelesaikan sebuah konflik.
  4. Jangan turuti semua keinginan anak. Hal inilah yang membuat anak manja dan egois. Anak tahu kelemahan orang tuanya untuk menuruti semua keinginannya. Walaupun hal ini sangat sulit dilakukan tapi harus selalu kuat untuk selalu bertahan hanya memberikan sesuatu yang memang penting dan tidak memberikan yang diinginkan langsung saat itu juga. Latihlah anak untuk bersabar dan berusaha keras untuk mendapatkan sesuatu.
  5. Beri kesempatan anak mengambil keputusan. Keterampilan mengambil keputusan adalah keterampilan sangat penting di masa depan. Anak harus diajarkan untuk mengambil keputusan penting secara cepat, tepat dan bisa dipertanggungjawabkan. Jadi jangan selalu ambil alih pengambilan keputusan oleh orang tua, beri kesempatan melakukan kesalahan untuk bisa belajar dari kesalahan tersebut.
Posted in Challenges, Sehari-hari

Blogger Recognition Award

blogger-recog-award.jpg

Yee I got another award from my dear friend Paardje the owner Of Snail Mail, Books and Vanities blog again. She has wonderful personality and very kind to me. πŸ™‚ This is the second award from her, this time is Blogger Recognition Award. Thank you dear for nominating me I really appreciate it. I always try to follow all award as appreciation of who nominating me and I feel that I am part of a Blogger community. πŸ™‚

Here are the rules of award:

  1. Thank the blogger who nominated you and provide a link to their blog.
  2. Write a post to show your award.
  3.  Attach the award to the post.
  4. Give a brief story of how your blog started.
  5. Give a piece of advice or two to new bloggers.
  6. Select 15 other blogs you want to give the award to.
  7.  Comment on each blog and let them know you have nominated them & provide a link to the award post you created.

How the Blog is started

I should write at work for such as academic journals or books. But sometimes the words don’t come from my mind, I get stuck and I don’t know what I should write. One day I got an idea, I wrote easy and fun things before I write the serious thing. πŸ™‚ So I always write anything in my journal about what I think and what I feel and that was fun..

Then I found WordPress is place for sharing thought on internet. Aha this is it. So the blogging was started. I got advantages from blogging not only as starting before serious writing, but also helps me from drowning to black hole. Recently I have more peaceful and sharper mind.

Advice for new Blogger

This is just the third month of my blogger world, still only have 100 followers, 4,000 hits, so I am still newbie actually. But maybe I can give some advice for someone who is newer than me hehe.

  1. Be yourself. Maybe this is a classic advice, but believe me please find own writing style and our readers will find the uniqueness of ours. Hope our readers will love our blog then.
  2. Write something useful for readers. Even sometimes I can not resist to write of some part of personal things but I always try to give useful things for my readers. I don’t want my blog is only garbage on internet. πŸ™‚ Nothing happier than sharing something might can help or educate people.
  3. Be original. Don’t ever to do plagiarism for our blog. Getting inspiration from other articles is normal but please write in our own words and language.Once we copy other articles please make citation to appeciate it.
  4. Have fun. I love reading comments and of course I appreciate all like clicks but I don’t seek until die for it. I try to be fun as possible, this is my blog I can write whatever I want I only hope it’s useful for others.
  5. Be part of community. This is the fun thing of being a blogger. We have new “friends” form around the world. Maybe we don’t meet in real world but I feel I have real friends that we can share our thought.
  6. Be consistent. Maybe this is the hard part, sometimes we don’t know what we should write. But at least you can show the readers that we still live haha.

My nominee

AAAh this is hard I have many wonderful blogger friends. I think I agree with Paardje’s way of not putting nominee names here rather than I will invite my nominee personally. Thanks Paardje you just solved my problem haha.

Thanks for reading, liking, commenting and following my blog. Please check out Paardje’s blog. πŸ™‚ Have a wonderful day…

 

Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Kue Lebaran

Ada yang sedang sibuk menyiapkan kue-kue untuk lebaran? Hebat ya sempat menyiapkan kue lebaran sendiri. Kalau saya cukup puas dengan memesan kue dari teman saya yang jualan kue haha. Berhubung saya tidak sempat dan sebentar lagi harus mudik jadi mending tidak terlalu repot membuat kue lebaran. Saya percaya dengan teman saya menggunakan bahan-bahan berkualitas dan higienis. Lagian tidak pernah ada tamu ke rumah saya, saya kan mudik ngapain bertamu ke rumah saya, sayanya saja tidak ada di rumah.

Tapi rasanya tidak enak ya kalau benar-benar tidak ada kue lebaran di rumah walaupun tidak pernah ada tamu yang bertandang ke rumah. Kuenya kan boleh untuk cemilan kalau lagi bosen atau nonton tv. Berikut kue yang sudah saya beli dari teman saya.

Continue reading “Kue Lebaran”