Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Latihan Yoga dengan aman: safety first please

2016-09-25-10-55-06
Sekali-kali pamer pose minimalis bersama ibu-ibu peserta yoga lainnya untuk lucu-lucuan Β boleh lah πŸ˜€ πŸ˜€

Lama sekali saya tidak update blog, jadi tidak enak. πŸ™‚ Tidak ada yang istimewa dengan hilangnya saya dari peredaran menulis blog, hanya kesibukan yang membuat saya harus mengesampingkan meng-update blog sejenak. Tidak apa-apa kan? πŸ™‚

Anyway, cerita terakhir di blog saya adalah pengalaman pertama saya mengikuti kelas yoga. Sampai hari ini saya masih mengikuti kelas yoga seminggu 4 kali. Jadi total jendral saya sudah mengikuti kelas yoga selama 1,5 bulan, benar ya? Kok saya sendiri malah bingung hihi.

Saya bersyukur menemukan guru yoga yang baik setidaknya menurut ukuran saya, mengajar dengan sabar, tidak memaksakan harus bisa satu pose di satu waktu dan mengerti teknik yoga yang baik dan aman. Saya sempat mengikuti kelas lain dengan guru yang berbeda rasanya sangat berbeda. Dia memaksa saya melakukan suatu pose yang saya sendiri tidak merasa siap. Saya tidak mau ikut kelas yoga dia lagi. Maaf ya..

Mungkin di antara anda ada yang tertarik juga ikut yoga gara-gara melihat pose-pose di instagram yang kece badai? Seperti saya dulu melihat temen blogger saya yang bisa melakukan pose keren hehe. Setelah saya mengikuti kelas yoga selama ini ada beberap hal yang saya pelajari:

  1. Yoga adalah kesabaran. Jangan memaksakan tubuh untuk bisa melakukan sebuah pose di latihan pertama. Lakukan sesuai kemampuan Β dan dicoba lagi di latihan yang akan datang. Jangan terburu-buru ingin berlatih headstand atau handstand misalnya jika tangan dan perut belum kuat menopang tubuh. Tidak perduli berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar sebuah pose, bersabarlah pada tubuh anda. Pada saatnya tubuh sudah siap headstand atau handstand akan terjadi dengan sendirinya.
  2. Yoga adalah kerendahan hati. Tidak kompetisi dalam yoga. Setiap tubuh berbeda dengan kekuatan dan fleksibilitas yang berbeda. Jadi jangan bandingkan kita dengan orang lain. Sekali-kali show off pose yang sudah dipelajari bolehlah. Tapi kalau semata-mata tujuan belajar yoga hanya untuk show off di instgram misalnya, maka anda sedang membahayakan tubuh anda sendiri karena anda cenderung memaksakan tubuh anda demi sebuah foto untuk diupload di sosial media.
  3. Carilah guru yang kompeten. Ini sangat dan sangat penting. Jangan belajar yoga hanya dari menonton youtube atau membaca buku. Pada saat melakukan pose yoga perlu didampingin guru yang kompeten supaya aman, buku dan youtube tidak bisa menggantikan guru, video atau buku Β hanya untuk menambah pengetahuan.
  4. Yoga adalah konsentrasi. Pada saat yoga sebaiknya tidak foto-foto atau menjawab WA atau BBM. πŸ™‚

Tujuan saya untuk melakukan yoga semata-mata untuk olah raga dan kesehatan, saya tidak perduli jika saya butuh waktu 10- 15 tahun untuk mempelajari sebuah pose yoga. Alhamdulillah setelah 1,5 bulan ikut latihan yoga badan terasa bugar dan lebih berisi (ehem) , lebih fleksibel (semakin tua tubuh akan semakin kaku dan saya sudah tua hehe), memilki balance lebih baik (bagi saya balance yang paling susah), lebih kuat dan lebih percaya diri. Belum bisa headstand pun tidak apa-apa kalau ternyata saya sudah mendapat semua manfaat tersebut. Namaste..

Advertisements
Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Yoga class: my first time

image.png
Mbak Ima izin pake fotonya ya, biar orang-orang tahu pose keren headstand mbak Ima πŸ˜„πŸ˜„ (Istribulebagus)
Setelah banyak berkeliling membaca blog teman-teman sesama blogger mupeng juga lihat pose head stand-nya mbak Ima yang kece badai. Saya mau ikut yoga juga.. Tapi alasan utamanya tentu saja demi kesehatan ibu-ibu. Sudah banyak tentunya yang membahas tentang manfaat yoga untuk kesehatan: media relaksasi, meningkatkan imunitas, fleksibilitas, melancarkan peredaran darah dll. Yoga ini juga cocok untuk semua kalangan sebenarnya, teruatama cocok untuk ibu-ibu setengah tua seperti saya yang tidak lagi berminat mengikuti kelas zumba. Saya juga bosen olah raga di rumah sendirian, cari suasana baru dan belajar sesuatu yang baru.

Menurut saran mbak Ima nih bahwa saya harus punya guru yoga. Walaupun kelihatannya hanya stretching-stretching gitu tapi ada teknik yang benar untuk melakukan pose-pose yoga. Hal ini untuk menghindari cidera dan tentu saja dengan cara yang benar baru bisa mendapatkan manfaatnya. Berhubung guru yoga mbak Ima adalah sumainya sendiri, nah kalau saya harus keliling Lampung dulu untuk mencari guru yoga.

Setelah saya searching guru yoga seantero Lampung akhirnya ketemu juga, di club Verde Bandar Lampung. Konon katanya fitness centre ini paling besar dan paling lengkap. Mulai dari gym, jogging track, futsal, kolam renang, spa, studio tari dan tinju dan yoga. Sayapun datang ke sana…

Tempatnya keren, tapi agak nyempil gitu. Saya agak bingung aja gimana orang-orang nyampe ke sana kalau harus naek angkot. 😁😁 Tapi ternyata rame banget orang-orang yang datang ke sana. Saya pun bertemu mbak-mbak penjaga Verde. Saya bilang “Saya mau ikut kelas yoga”. Eh mbak itu malah nawarin paket segala hal dan harganya ujubune, mahal. “Maaf mbak saya hanya butuh yoga beberapa kali seminggu”. Lah mbak itu gak lihat apa umur saya. Gak mungkin kan saya datang ke situ, pagi yoga, siang ke gym, sore tinju dan malam berenang. Emang saya apaan… Akhirnya saya diberi juga paket khusus kelas yoga. Jadilah saya member yoga Verde. 😍😍

Pertemuan pertama

Saya datang 30 menit lebih awal dari jadwal untuk melihat situasi dan kondisi. Sebagai pemberitahuan pertemuan pertama adalah kelas yoga basic. Tahu dong ini adalah pertemuan pertama kelas yoga saya, gak mungkin saya langsung melakukan backbend kayak mbak Ima. πŸ˜‚πŸ˜‚

Kemudian datanglah peserta satu persatu. Seperti dugaan saya semua peserta ibu-ibu. Sepertinya memang kalau kaum bapak-bapk tidak terlalu berminat dengan yoga. Kelihatan kurang macho aja gitu kali ya. Tidak kelihatan olah raga. Bagus juga sih saya jadi lebih nyaman narik-narik anggota badan tanpa kehadiran kaum bapak-bapak. Gurunya pun mbak-mabk cantik masih muda.

Gerakan awal, belajar napas. Hah napas aja harus belajar, ini napas versi yoga bu, tarik napas kembungkan perut, keluarkan napas kempiskan perut… Kata guru yoga begitu. Selanjutnya dimulai dengan gerakan yoga basic. Nah ini bagian fun-nya, gurunya menyebutkan nama-nama gerakannya tapi tidak ada satu pun yang saya ingat haha. Kapan-kapan deh saya bahas satu persatu kalau sudah fasih.

Semua gerakan mungkin karena basic terasa nyaman dan mudah, yang jelas tidak ada backbend alhamdulillah. Tidak terasa satu jam berlalu yang diakhiri dengan bagian yang paling mudah dan saya suka, relaksasi. Cuma merem dan terlentang, mudah kan? Selesai..

Setelah selesai latihan saya pun berbincang-bincang dengan gurunya sambil kenalan. Komentar gurunya, “sudah pernah yoga sebelumnya?”

Saya jawab “Belum pernah, tapi saya pernah belajar dance”. Maaf gak tanya, mungkin guru saya pikir begitu.

“Badannya flexible banget lho, kayaknya gennya memang punya badan flexible ya”.

“Hmmm, really?” “Minggu depan sudah boleh belajar backbend dong…”. 😬😬😬😬 😎😎😎

Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Jika terjadi insiden di jalan tol

CWi_3uPUwAAWhsY.jpg

Hallo semua.. Selamat Idul Fitri ya maaf lahir batin. πŸ™‚ Lama tidak ngeblog nih. Saya memang berusaha tidak menyentuh internet pada saat berkumpul dengan keluarga. Family time.. πŸ™‚

Masih pada mudikkah? Saya sudah pulang ke rumah ni karena hari Senin sudah harus masuk kerja lagi, karyawan teladan dong. πŸ˜€ Adakah yang belum pulang mudik? Masih di perjalanan? Hati-hati di jalan ya. Macet di mana-mana membuat perjalan mudik menjadi melelahkan. Nah terutama jika terjadi insiden-insiden yang membuat perjalanan mudik menjadi sesuatu yang menakutkan.

Apa yang akan anda lakukan jika terjadi insiden di jalan tol? Misalnya terjadi kecelakaan atau mobil mogok atau pecah ban? Sudahkan anda mempersiapkan hal tersebut? Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja lho.. Apa yang akan anda lakukan? Panik? Menangis? Berpikir?

Kalau terjadi insiden di jalan biasa banyak orang yang mungkin masih bisa menolong anda. Bagaimana dengan di jalan tol? Jauh dari mana-mana, walaupun banyak mobil lewat mana boleh mereka berhenti untuk menolong anda. Berikut tips kalau terjadi insiden di jalan tol:

  1. Jangan panik, ini penting supaya anda bisa berpikir.
  2. Jika terjadi mobil mogok atau pecah ban, segera pinggirkan mobil ke bahu jalan, nyalakan lampu hazard dan segitiga pengaman. Usahakan sepinggir mungkin, karena banyak orang-orang yang walaupun menyetir di bahu jalan terlarang tetap saja mereka menyelip dari kiri dari bahu jalan!! Orang Indonesia memang begitu, tidak sayang dengan nyawanya.
  3. Pastikan telpon anda menyala. πŸ™‚ Hubungi no telpon info jalan tol: 14080 Bebas pulsa ya? Kayak begitu hehe. Tapi lebih baik jika mempersiapkan mengisi pulsa handphone anda sebelum perjalanan jauh.
  4. Setelah menelpon dan meminta bantuan, tunggu di mobil dan kunci mobil dari dalam. Pintu mobil dibuka jika dan hanya jika orang dari Jasamarga yang mau menolong anda meminta anda keluar. Cukup berbahaya terutama jika insiden terjadinya pada malam hari atau supir perempuan.
  5. Pokoknya tunggu bantuan datang ya.. Mereka pasti datang kok. πŸ™‚
  6. Setelah pertolongan datang, kalau anda punya uang boleh memberikan tips kepada penolong anda sebagai tanda terima kasih.

Saya sih berdoa semoga perjalanan anda lancar selamat sampai tujuan, memang itu harapan semua orang. πŸ™‚ Selamat pulang mudik.

Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Kue Lebaran

Ada yang sedang sibuk menyiapkan kue-kue untuk lebaran? Hebat ya sempat menyiapkan kue lebaran sendiri. Kalau saya cukup puas dengan memesan kue dari teman saya yang jualan kue haha. Berhubung saya tidak sempat dan sebentar lagi harus mudik jadi mending tidak terlalu repot membuat kue lebaran. Saya percaya dengan teman saya menggunakan bahan-bahan berkualitas dan higienis. Lagian tidak pernah ada tamu ke rumah saya, saya kan mudik ngapain bertamu ke rumah saya, sayanya saja tidak ada di rumah.

Tapi rasanya tidak enak ya kalau benar-benar tidak ada kue lebaran di rumah walaupun tidak pernah ada tamu yang bertandang ke rumah. Kuenya kan boleh untuk cemilan kalau lagi bosen atau nonton tv. Berikut kue yang sudah saya beli dari teman saya.

Continue reading “Kue Lebaran”

Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Ribetnya punya binatang peliharaan pada musim mudik

 

image
Tahun kemarin yu-chan ikut mudik, tahun ini mudik juga 😎

Salah satu urusan penting yang harus saya pikirkan pada saat musim mudik lebaran seperti ini adalah bagaimana dengan nasib kucing-kucing saya pada saat mudik? Saya memiliki 2 ekor kucing dan ke manakah mereka harus saya titipkan kalau saya pergi mudik?

Ada berbagai jasa penitipan binatanag peliharaan di pet shop tapi harganya bikin sakit perut dan tidak tenang menikmati mudik. Satu hari dibandrol 40 ribu rupiah per ekor, kalau 10 hari mudik saja sudah 400 ribu rupiah. Saya punya 2 kucing jadi total jendral harus mengeluarkan uang 800 ribu rupiah hanya untuk urusan kucing. Mending uangnya dipake beli baju lebaran. 😬😬

Ada jalan lain yaitu nitip ke tetangga yang tidak mudik. Masalahnya terletak pada tidak semua tetangga suka kucing. Nanti kalau beliaunya lupa ngasih makan dan minum terus kucing saya tewas gimana. Gak enak kan tetangga jadi merasa bersalah karena sudah membuat kucing mati. Padahal kan cuma ketitipan doang. πŸ˜’πŸ˜’

Jalan satu-satunya yang saya pilih adalah membawa serta kucing-kucing saya mudik. Mungkin kucing saya adalah termasuk kucing langka yang harus ikut mudik pada waktu lebaran. Jadi mau tidak mau saya tidak bisa naik kendaraan umum saya harus membawa mobil sendiri. Jadilah saya harus mempersiapkan banyak hal bukan hanya baju-baju dan perlengkapan lain milik saya tetapi juga milik kucing saya. Makanan harus cukup dan tidak lupa pasirnya. Ribet ya.. Memang. Sedikit diperbudak sama binatang peliharaan. πŸ˜„

Yu-chan kucing saya yang cewek tahun kemarin sudah pernah ikut mudik. Dia memang kucing super manis yang tidak pernah rewel. Sepanjang jalan hanya tidur dan tidur di keranjangnya. Sekali-sekali bunyi ngeong-ngeong kalau ingat sama ibunya. Cukup dielus-elus sebentar sudah tenang kembali. Agak mirip-mirip bawa pergi bayi gitulah.

Karena saya harus menyebrang selat sunda menggunakan kapal ferry, maka pada saat di kapal saya harus turun dari mobil. Penumpang dilarang untuk tinggal di mobil pada saat kapal jalan. Nah kucing saya gimana? Kalau ditinggal panas dong.. Ya dengan sangat terpaksa saya bawa ke kapal. Untunglah di kapal kalau musim mudik crowded banget, jadi awak kapal Β tidak akan ngeh kalau ada binantang di kapal. Tapi sepertinya aman-aman saja pada saat di kapal, hanya tatapan aneh orang-orang aja yang agak bingung karena saya bawa-bawa keranjang isinya kucing.

Jadi sepertinya saya bawa mudik kucing tidak masalah, mudah-mudahan tahun ini selamat juga. 😊 Masih lumayan saya punya peliharaan kucing yang bisa dibawa mudik, nah teman saya punya peliharaan ikan di rumahnya. Masa ikan dibawa-bawa. Nah kalau itu terpaksa harus menyewa jasa nany sementara selama mudik untuk mengasuh ikan-ikannya. Ribet ya punya binantang peliharaan? Memang, tapi sudah terlanjur sayang dan konon punya binatang peliharaan juga ada manfaatnya lho untuk pemiliknya. Bisa mengurangi stress, tekanan darah dan perasaan sepi. 😊

Bagaimana ada yang mudik dan senasib dengan saya ribet dengan binatang pekiharaan?

Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Mengurangi kadar stress libur lebaran

image.jpeg
Gambar nemu di Google

Tidak terasa sudah setengah bulan kita berpuasa, sebentar lagi lebaran. Ada yang sudah mengadakan persiapan menuju lebaran? Saya sudah memesan kue lebaran, haha memesan mah semua orang bisa ya.. Saya agak malas-malasan gitu buat kue lebaran, lagian kan nolongin teman yang suka buatin kue lebaran, kasihan kan gak kalau gak ada yang beli. πŸ˜€ Persiapan mudik pun segera dilakukan, jadilah kita nanti lebaran di kampung..

Belum liburan pun sudah memikirkan liburan, ya.. Semua orang sepertinya akan mendapatkan liburan lebaran, minimal cuti bersama. Tapi belum juga lebaran sudah terpikir stress di jalan karena macet, pusing melihat kerumunan orang di jalan dan banyak lagi. Akhirnya lebaran bukan lagi menjadi momen yang menyenangkan malah menjadi saat-saat stress meningkat. Terus gimana dong?

  1. Susun jadwal kegiatan dengan baik. Saya tipe orang yang sangat memperhatikan setiap detil kalau mau pergi traveling. Bagi anda yang mau mudik persiapkan jauh-jauh hari dengan baik. Jika harus naik kendaraan umum pesan tiket dari jauh, jika naik kendaraan pribadi persiapkan kendaraan seprima mungkin. Yang suka nyasar seperti saya, siapakan perangkat anti nyasar yaitu GPS navigasi. Walaupun pada akhirnya berujung pada bertanya arah pada orang-orang ditemui di jalan. πŸ˜€ Persiapan yang kurang pada waktu mudik menjadikan liburan menjadi ajang stress baru.
  2. Nikmati perjalan dan jangan berharap terlalu banyak. Saya sudah membayangkan bagaimana macetnya di jalan dan sudah membuat sakit perut dari sekarang. Tapi bukan hanya kita sendiri yang akan mengalaminya, akan ada jutaan orang yang akan mengalamnya. Nikmati saja perjalanannya, kalau capek istirahat, kalau ngantuk tidur dulu. Kalau kemaleman mending nginep di hotel dulu, jadikan perjalanan itu sendiri sebagai ajang liburan.
  3. Persiapkan rumah yang akan ditinggalkan dengan baik. Rumah kosong bisa menjadi sasaran maling masuk. Sebelum pergi liburan, periksa semua kunci, cabut sambungan kompor, listrik, amankan semua barang berharga, titipkan ke tetangga depan belakang atau ke petugas keamanan.
  4. Inget-inget budget liburan haha. Nah kalau liburan suka lupa diri dengan anggaran belanja, persiapakan dan tentukan anggarannya jangan sampai setelah liburan memiliki stress baru karena kehabisan uang sebelum gajian. Apalagi lebaran tahun ini jatuh di awal bulan, pisahkan anggaran untuk liburan dan disiplin dengan hal tersebut.
  5. Jadikan momen lebaran untuk menyambung kembali hubungan yang lama putus. Tapi bukan dengan mantan ya haha. Kalau sudah lama tidak bertemu saudara atau teman masa kecil inilah momen keikhlasan untuk menyambung kembali silaturrahmi. Bertemu orang lama yang sudah lama tidak bertemu akan mengurangi stress dan lebih bahagia.
  6. Mengisi liburan ke tempat-tempat tidak biasa. Biasanya tempat-tenpat pariwisata mendadak penuh pada saat lebaran karena semua orang mengisi liburan dengan pergi ke sana. Pergi wisata ke tempat telalu ramai bukannya menyenangkan malah bikin bete, mungkin jalan-jalan sekedar ke sungai, ke tempat main waktu kecil dulu, mancing di sungai dll bisa menjadi alternatif.

Mudah-mudahan bisa bermanfaat, kalau saya sudah menyiapkan benang-benang untuk membuat sweater sebagai pengisi liburan haha. Suka males aja pergi-pergi ke tempat wisata yang mendadak ramainya gak ketulungan.

Posted in Random thoughts, Sehari-hari

Makan, puasa dan harapan hidup

Bagaiman puasanya hari ini? Lancar kan? Mudah-mudahan semua sehat dan lancar ya puasanya. Dan mudah-mudahan puasa kita diterima oleh Allah SWT bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar saja. πŸ™‚ Kok hari ini posting saya berubah jadi alim begini, jangan-jangan saya sudah menjelma menjadi Mamah Dedeh. Curhat ya Mah.. πŸ˜€

Kemarin saya menonton acara tv: “Eat, fast and live longer”. Pembawa acaranya adalah seorang dokter yang berusia awal 50 tahun dan mencari rahasia supaya hidup lebih panjang dan lebih sehat. Dia menemui ahli-ahli kedokteran untuk mencari tahu bagaimana makanan yang selama ini kita makan dan puasa bisa mempengaruhi harapan hidup kita.

Continue reading “Makan, puasa dan harapan hidup”